Selamat Hari Ibu

Selamat hari ibu….

Saya tidak pernah mengucapkan kata itu di depan mama saya, atau biasa saya panggil Ama. Tidak pernah memberi kado dan melakukan hal-hal manis kepadanya.

Durhakakah saya? Atau ada yang salah dengan hubungan saya dan ‘Ama’?

Tidak (saya rasa). Seperti orang-orang kebanyakannya, saya mengagungkan Ama sebagai orang yang paling saya kagumi. Tapi, pada dasarnya tak ada manusia yang sempurna. Begitu juga Ama, dan saya tak mungkin mengumbar kekurangan orang yang saya sayangi.

Melupakan adalah jalan terbaik untuk tak kecewa pada kekurangan. Seperti itulah Ama mengajarkan ‘kehidupan’ yang terjalin di antara hubungan kami. Tapi, sejauh ini Ama adalah orang yang ‘tangguh’ melepaskan saya untuk berjalan keluar rumah sendiri. Meskipun jauh di dasar hatinya, ia (mungkin) tak menginginkan semua ini.

I love mom more than world.

* Tulisan ini seharusnya saya tulis pada 22 Desember kemarin.

Tinggalkan Balasan

