Hiroshima dan Pesan Perdamaian

Little Boy. Bukan sebuah nama seorang anak lelaki berwajah imut, melainkan sebuah nuklir yang mampu menghadirkan kisah pilu yang tak mampu digambarkan lewat kata-kata kecuali air mata.

Boleh jadi tujuh puluh tahun lalu, Hiroshima bak kota mati yang mengerikan akibat Little Boy yang dijatuhkan sekutu Amerika. –Saat itu, suasana kota yang awalnya tenang menjadi sunyi seketika dengan kepulan asap hitam, kilat tanpa suara, api yang menyebar cepat dan runtuhan bangunan yang tak terkendali. Disisi lain, seratus ribuan lebih manusia tergeletak tak berdaya di sepanjang jalan.

Namun, siapa sangka ketegaran dan semangat orang Jepang– khususnya penduduk Hiroshima, untuk bangkit mampu menghadirkan salah satu kota impian bagi pencinta keindahan, tentunya saya salah satunya.

Tragedi Little boy yang meluluhlantakan Hiroshima menyadarkan bahwa bom nuklir bukanlah sesuatu yang baik digunakan untuk bom atau senjata perang. Dan… perang selalu menghasilkan air mata kepedihan yang mendalam.

Pesan inilah yang disampaikan Hiroshima sebagai salah satu kota perdamaian dunia. Bahwa kebahagiaan yang tak terelakan adalah hidup damai sesama manusia dan makhluk hidup lainnya.

Panggilan dari 5 Tempat di Hiroshima

Salah satu cita-cita saya di 2016 ini adalah bisa menjejaki negeri Sakura, terutama Hiroshima. Bukan membaca sejarah tragedi kemanusia yang terjadi Agustus 1945 silam, tapi lebih dari sekedar itu. Belajar melepaskan diri dari peristiwa yang memilukan dan berusaha meraih kebahagiaan lewat pesan damai yang disampaikan keindahan kota.

Berikut 5 tempat yang ingin saya nikmati ketika suatu hari diberi kesempatan menginjak  kaki di Hiroshima :

  1. Hiroshima Peace Memorial Park

Bagi saya, sejarah adalah ‘kaca spion’ dalam perjalanan hidup, membaca sejarah sama artinya mengambil sikap untuk melangkah ke depan. Inilah sepertinya yang ingin disampaikan oleh Monumen perdamaian Hiroshima yang dibangun di taman pusat kota, bersebelahan dengan bekas reruntuh gedung akibat Little boy.
Lewat barang-barang peninggalan korban  bom atom yang dipamerkan, kembali menyadarkan kita tentang betapa sangat bahayanya bom nuklir bagi peradapan manusia. Layak atau tidaknya sebuah nuklir dijadikan senjata dalam perperangan.

Hirosima-memorial-park

Lambang perdamaian ( source :H.I.S)

  2.  Taman Shukkeien

Lupakan tentang gambaran taman ini pasca Little boy menghantam Hiroshima. Berdiri sejak 1620, di taman ini terdapat Hiroshima Prefectural Art Museum, yang bisa memberi ‘ruh’ dalam naluri kita lewat karya seni yang dipamerkan.

Taman Shukkeien termasuk salah satu taman yang terkenal dengan keindahannya seantero dunia. Maka, nikmatilah keindahan sekedar memberi rekreaksi bagi mata, pikiran, dan hati.

shukkeien-hiroshima

Melepas lelah sejenak di Shukkeien ( Source : Panduan wisata )

 3. Miyajima

Tak ada yang mampu mengalahkan keindahan ciptaan Tuhan. Lewat keindahan pulau Miyajima, yang ditampikan salah satu gambar di google menyadarkan kembali arti saya sebagai makhluk Tuhan yang tak ada apa-apanya. Di tempat ini terdapat Gerbang Torii yang terletak di tengah air, sehingga tampang seperti mengambang di atas air.

Gerbang Toori

Menikmati lukisan Tuhan ( Source : Fun Japan )

      4. Miyajima Public Aquarium

Biru dan keragaman biota laut adalah dua hal yang tak terbantahkan. Miyajima Public Aquarium termasuk salah satu tempat dimana kita bisa mengenal kehidupan laut lebih dekat.

Terdiri dari hampir 13.000 lebih jenis hewan laut dan 350 spesies, tempat ini juga menghadirkan kegiatan peternakan karang mutiara. O,ya kita dapat berinteraksi dengan biota laut lho disudut yang bernama Friendly Shore.

penguin pool

Bermain bersama penguin ( source : miyajima Aqua )

      5. Onomichi

Bercengkrama dengan keramahan orang Jepang di salah satu daerah di Hiroshima bernama Onomichi tak ada salahnya meskipun terkendala bahasa. Sebab senyum ramah mereka siap menyapa kita. O, ya konon katanya disini banyak kucing lho.

onomichi

Bercengkrama dengan penduduk lokal di Onomichi ( Source : Onomichi)

Menikmati kebahagiaan di Hiroshima

Hiroshima tak melulu soal mengenang bom atom dan kepedihan, tapi juga menikmati bahagia salah satunya lewat makanan khas masyarakat Jepang — dan tak bisa dipungkiri kelezatan rasa yang diakui masyarakat dunia soal masakan Jepang.

Berikut dua jenis makanan yang mengugah rasa dari Hiroshima :

Okonomiyaki

Layaknya pancake, makanan ini terbuat dari campuran tepung, kubis, telur, makanan laut dan mie. Terlihat dari penyajian bahannya, makanan ini cukup ramah bagi lambung dan aman bagi lidah.

Okonomiyaki

Lezatnya Okonomiyaki ( Source : H.I.S )

Izumo Soba

Memiliki warna sedikit gelap, proses pembuatan mie pada saat penggilingan dicampur dengan buckwheat, sejenis biji-bijian yang banyak mengandung protein. Jenis mie ini sangat terkenal di Jepang.

Izumo-Soba1

Sahabat di kala lapar ( Source : H.I.S )

Berbagi Kebahagiaan lewat Momiju Manju

Makanan adalah salah satu sumber kebahagiaan. Dan, dalam perjalanan ini menghadirkan penganan khas Hiroshima untuk teman-teman di tanah air merupakan wujud kebahagiaan.

Yup, Momiju sangat cocok sebagai oleh-oleh. Terbuat dari tepung beras yang berisi kacang merah, kue ini terasa lembut dan manid serta sangat cocok dinikmati sambil minum teh bersama keluarga maupun teman.

momiji manju

Teman mengobrol ( Source : Momiju Manju)

 

Mewujudkan mimpi dengan HAnavi

Bagi kamu yang memiliki impian sama dengan saya menjelajahi negeri Sakura dengan aman dan nyaman tak perlu susah payah mencari informasi. Sekarang telah hadir Hanavi, sebuah kolaborasi antara H.I.S dengan ANA ( All Nippon Airways-salah satu maskapai terbaik dunia lho ) yang dirancang khusus untuk wisata asing yang datang ke Jepang. Disini kamu tidak perlu repot-repot, soalnya HAnavi telah menyediakan paket tiket penerbangan plus hotel dengan harga yang cukup ramah.

 Berikut beberapa hal yang kamu dapati dari HAnavi :

  1. Hemat, dari segi biaya, paket yang ditawarkan HAnavi sangat ramah. Selain itu, hemat dari segi waktu, kamu tak perlu ‘berpusing-pusing’ ria mencari destinasi sebab sudah diatur semakin rupa oleh HAnavi.
  2. Banyak pilihan paket yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Ada sekitar 800 penerbangan maupun ribuan hotel. O,ya kamu bisa juga lho menyewa wifi, sehingga kamu masih bisa terkoneksi dengan sosial media dan memamerkan foto indah selfiemu.
  3. Paket hotel dan tiket pesawat dengan diskon besar-besaran. Ehm… tentu ini sangat mengiurkan bukan?

Nah, yang lebih mengiurkan adalah saat ini H.I.S Travel bekerja sama dengan Kawaii Beauty Japan  berbaik hati memberi kesempatan bagi kamu untuk bisa menjelajahi Jepang gratis lewat blog competition .

Info lebih lanjut, kamu bisa mengikuti laman facebook : FB H.I.S

Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition

Iklan

18 comments

  1. Penge n juga ke jepang.. bonus lah klo sempet ke hiroshima..xixixiii…berdoa aja deh biar diajak ma kedubes nya secara skrg liputannya mrk molooo

  2. Terima kasih yoga… jgn lupa klik bagian banner warna biru yg di bawah kalender ya.. yg ada tulisan “attention all bloggers” 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s