Basuo dan Bakumpua Bersama KOMINFO di Acara Flashblogging 4th Indonesia Kreatif

Bagi saya yang memiliki hobi bercerita, tak ada yang lebih mengembirakan bertemu orang-orang yang penuh inspiratif dan kreatif dengan jiwa yang menyenangkan. Berkumpul dan berbagi cerita serta ide adalah salah satu cara proses belajar bagi saya pribadi untuk menghadapi dunia yang lebih baik.

Adalah flash blogging 4th Indonesia kreatif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) pada Jum’at 30 November 2018 di Hotel Mercure, Padang, akhirnya mempertemukan saya pada dunia anak muda kreatif. Pada ilmu dan pengalaman baru untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

20181130_111322_resized(1)
Bertemu travel blogger hits di Flash blogging 4th Indonesia Kreatif

Entah kenapa saya percaya pada jiwa polos yang terselip dari semangat anak muda generasi Milenial tersimpan keinginan untuk melihat Indonesia yang lebih baik lewat konten positif dan memberantas hoax sebagai salah satu tujuan terselenggara acara tersebut.

Ada sekitar 200 orang turut hadir dari berbagai profesi dengan kemampuan kreativitas dalam menghasilkan konten di dunia teknologi dan komunikasi khususnya dibidang star-up.  Dibuka oleh Siti Meningsih, selaku perwakilan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI memaparkan mengenai karakter orang minang yang memiliki kreatif yang tak diragukan lagi.  Ini mungkin menjadi alasan bagi KOMINFO menyelenggarakan flash blogging 4th Indonesia Kreatif di kota Padang.

Terlepas dari itu semua, suatu kesempatan baik bagi saya sebagai travel blogger untuk memperoleh ilmu yang menyenangkan dan mempelajari bagaimana menghasilkan konten positif khususnya dalam hal wisata di Sumatera Barat, sebagaimana yang diharapkan oleh Kominfo dalam langkah menangkal hoax. Sebab cara paling sederhana mengatasi pemberitaan dan isu hoax yang beredar di Internet adalah lewat konten positif.

20181130_111159_resized
Keseruan peserta Flash Blogging 4th Indonesia Kreatif di Mercure, Padang

Berbicara mengenai flash blogging, ini pengalaman pertama saya bergabung dengan kegiatan blogger. Sebuah pengalaman yang mengesankan kala diharuskan menulis dan menghasilkan konten dengan waktu yang singkat. Tantangan seru menguji sejauh mana kekreativitas berjalan dengan baik.

Tak heran jika Kominfo mengemas acara tersebut lewat program Flash Blogging 4th Indonesia Kreatif. Sebuah program kerja nyata dari kementerian KOMINFO selaku institusi resmi yang memilik wewenang dalam hal melakukan perubahan yang lebih baik pada negeri ini.

Generasi Mileneal dan Harapan Menuju Indonesia Kreatif

Dalam budaya Minangkabau dikenal dengan ‘maota di lapau’ , tempat dimana pertarungan ide dan gagasan terjadi. Sayangnya kegiatan ini mulai memudar, biasanya pemuda Minangkabau berpusar pada kehidupan ; surau, lapau, rantau, rumah gadang dan kembali ke surau, perubahan zaman tentu membawa perubahan tersendiri pada kebiasaan tersebut.

20181130_130413_resized
Menulis konten positif cara sederhana untuk menangkal berita hoax

Sebagai generasi Milenial yang mengalami perubahan tersebut bukan berarti kreativitas anak muda Minangkabau memudar begitu saja. Handoko Darta, tenaga ahli kementerian komunikasi dan informatika RI pun mengungkapkan Indonesia berada ditengah negara yang berpenghasilan menengah. Padahal melihat kreativitas anak muda Indonesia, jika diasah lebih baik lagi dengan kegiatan positif bisa jadi ke depannya Indonesia berpeluang bersaing dengan Korea Selatan. Termasuk dalam hal ini kecerdasan dan kreatif yang dimiliki pemuda Minangkabau.

Ada sekitar 600 juta pengguna aktif sosial media di Indonesia. Jika pengguna aktif tersebut memiliki kesadaran dalam mengembangkan konten yang baik dan bertanggung jawab menghadirkan sesuatu yang positif saya percaya bahwa Indonesia yang lebih baik.

Lewat acara diselenggarakan Kominfo sebagai komitmen mereka membimbing generasi muda dalam hal kreativitas di bidang teknologi dan komunikasi, saya lebih banyak belajar mengenai tanggung jawab pengguna aktif sosial media.

20181130_130450_resized
Flashblogging 4th Indonesia Kreatif Bersama KOMINFO RI

Percayalah bahwa ditangan anak muda pembangunan Indonesia yang lebih baik dan dihormati dalam kancah dunia internasional melalui kreativitas yang bermanfaat dan positif bagi kehidupan sosial masyarakat.

Jika dulu lapau menjadi tempat pertarungan ide dan gagasan bagi anak muda, melalui dunia internet, khususnya komunitas blogger dan pengguna aktif sosial media pertarungan ide untuk menghasilkan konten yang bermanfaat demi mewujudkan dunia yang lebih baik dan menyenangkan hendaknya terjadi.

Basuo dan bakumpua atau lebih bermakna pertemuan yang difasilitator oleh KOMINFO membuat kami, selaku anak muda generasi milenial, berkumpul dengan segala perbedaan ide kreatif tapi memiliki tujuan yang sama dalam hal bertanggung jawab terhadap sosial media ; menghasilkan konten yang positif dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik dalam hal kreativitas.

Terima kasih untuk acara Flashblogging 4th Indonesia Kreatif!

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

5 respons untuk ‘Basuo dan Bakumpua Bersama KOMINFO di Acara Flashblogging 4th Indonesia Kreatif

  1. hahahah iyaaa koh deddy — sempat ngubek-ngubek blog kokoh pas nulis soal flashblogging ini lho biar dapat inspirasi nulis 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s