#KejarMimpi dan Tentang Langkah Kaki Yang Tak Terhenti Begitu Saja …

Terkadang kita lupa
Dunia ini tak akan selamanya
Menunggu kita
Menaklukkan ragu
Beranikan diri

( Kejar Mimpi — Maudy Ayunda)

Tenang …!

Saya berusaha untuk tidak ikut-ikutan galau antara Harvard atau Stanford ala mbak Maudy, lah wong aku mo masuk kuliah di UI aja nggak diterima hiksss. *puk-puk diri sendiri*. Saya mah galaunya kalau ada yang ngajaki jalan sementara saldo atm saya menjerit. ” Ka, ngebolang yuk!” — antara mo minjam duit atau ngutang dulu ( Lah sama aja 😀 )

53152827_2368347863175546_4786891349477556224_n(1)
Sumber foto : IG nya Kejarmimpi.id

Apa yang dialami oleh Maudy Ayunda tak lepas dari rangkaian mimpi yang diukirnya dan langkah keberanian untuk mewujudkan mimpi tersebut. Sebuah usaha dan do’a yang tak mengkhianati tentunya. Seperti halnya Haekal Hamdani, seorang pemuda asal Payakumbuh, yang memiliki mimpi indah terhadap dunia pendidikan di Harau, salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Sumatera Barat. Mimpi sederhana yang akhirnya diwujudkan oleh Haekal lewat sekolah alam.

Kisah inspirasi Haekal dan sekolah alam Harau-nya menyadarkan saya pada arti perjalanan sesungguhnya, kala hidup ini bisa memberi dampak berarti pada sesama dan lingkungan sekitar. Sebuah langkah sederhana yang dilakukan oleh Haekal, namun saya percaya lewat filosofi pendidikan alam takambang menjadi guru yang menjadi dasar sekolah alam ini hadir, kelak akan memberi dampak berarti pada perubahan untuk dunia yang lebih baik, khususnya di Harau itu sendiri.

53362990_623459321439289_3744243860339949568_n
Talkshow inspiratif Lampaui batas dirimu #kejarmimpi dari CIMB Niaga di Auditorium UNAND, Sabtu (2/03)

Haekal tak sendiri dalam membagi kisah inspiratif yang membuat saya tersadar pada langkah kaki dan perjalanan yang telah saya ukir selama ini. Ada Robby W Riyadi, salah satu founder Tanah Ombak, yang membuat sudut mata saya berair. Tanah Ombak merupakan taman bacaan di daerah Purus, Padang, yang dikenal dengan istilah gang setan. Berdiri sejak 2014, Tanah Ombak bertujuan untuk mengangkat harga diri masyarakat Purus dari citra yang dipandang negatif ke citra yang lebih baik.

“Kami tidak mengajak mereka untuk suka baca, tapi bagaimana berusaha mendekatkan masyarakat dengan buku,” tutur Robby saat acara sharing session #kejarmimpi, Leadercamp dari CIMB Niaga di Auditorium Universitas Andalas, Padang, Sabtu (2/03) lalu.

53211748_359574694887873_4286488755679789056_n
Kehadiran Bapak Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ikut berbagi kisah inspiratif beliau dalam membangun Adzkia, yang awalnya sebagai tempat bimbingan belajar.

#Kejarmimpi adalah program diinisiasikan oleh CIMB Niaga yang bertujuan untuk membangun karakter positif generasi muda Indonesia. Padang menjadi kota pembuka terselenggaranya program tersebut dari 10 kota yang terpilih yang nanttunya berakhir di Ibukota, Jakarta. Menghadirkan ragam pembicara yang memiliki kisah inspirasi termasuk kehadiran Maudy Ayunda sebagai brand ambassador gerakan #kejarmimpi dari CIMB Niaga tersebut yang mencuri perhatian dan hasrat ingin tahu terhadap prestasinya yang menakjubkan.

53506327_2115683858546968_4804161906896011264_n
Buk Sari atau lebih dikenal dengan Uni Sari menyampaikan bagaimana perlunya punya strategi dalam bermimpi

Menarik dari rangkaian sharing session yang membagi kisah inspirasi mampu membakar kita untuk semangat bermimpi adalah salah satu materi yang disampaikan oleh Direktur Pusat Pengembangan Pariwisata Universitas Andalas, Sari Lenggogeni mengenai bagaimana perlu menata mimpi itu agar terwujud dengan baik. Memiliki strategi terhadap mimpi tersebut.

Materi yang membuat saya tertampar, teringat pada rangkaian mimpi yang pernah saya ukir di buku jurnal namun tak ada satupun terwujud dengan baik.

#KejarMimpi = Bukan proses instan, tapi butuh waktu dan strategi.

“Traveling shows you a different world and offers different experiences. Hearing about a place can’t ever compare to experiencing it yourself.”

Saya teringat pada kegemaran saya melakukan perjalanan. Rasanya tak ada yang lebih mengembirakan dari kalimat seorang teman ; “Ka ngebolang yuk!” sekaligus mendatangkan dilematis mengenai cara mewujudkan perjalan dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Berutang bukanlah solusi, yang ada mah malah jadi masalah dikemudian hari.

3
Suatu pagi kala menyusuri Jagalchi Fish Market dalam perjalanan seorang diri ke Busan, Korea Selatan.

Saya kembali bernostalgia bagaimana mewujudkan mimpi untuk bisa menjelajahi Thailand kala itu. Butuh beberapa tahun mengukir mimpi itu, dan satu tahun proses mewujudkannya. Menabung adalah solusi terbaik kala itu disamping menyisihkan gaji tentunya. Melupakan gaya hidup yang ngehedon seperti membeli kopi di warung anti kaya.

Pun ketika melakukan perjalanan ke Korea, saya waktu itu memilih berinvestasi dengan membeli mas, eh maksudnya emas logam mulia. Yang dikemudian hari saya jual sebagai bekal dalam perjalanan ke Korea kala itu.

Bahwa perjalanan bagi saya tak lebih sebagai pembentukan karakter, saya memilih menghabiskan waktu di destinasi yang tak lazim dan tidak membutuhkan biaya besar. Alih – alih ke Nami Island, saat itu saya justru melipir ke Ansan, melihat kehidupan pekerja Indonesia di sana.

3
Miuseum War Memorial of Korea ; Mengingatkan mengenai ironi perang dan asa untuk terus menjaga kedamaian kehidupan ini.

Keinginan untuk menjadi bagian dari penduduk global, bagi saya traveling tak ubahnya seperti sekolah dan orang-orang yang saya temui adalah guru. Di museum war memorial of Korea, yang membuat saya tersadar pada nasionalisme orang Korea pada akhirnya saya belajar untuk lebih mencintai Indonesia.

Perlahan saya belajar menghargai dan menyikapi perbedaan yang terjadi dengan baik. Saya belajar untuk menjadi pribadi yang tak nyinyir — termasuk tidak nyinyir soal keirian terhadap incesss Syahrini. hiksss #energyofakad

53327526_261203641470183_6301709182152212480_n
Berbagi cerita mengenai pentingnya menabung dengan buk Muslimah a.k.a Cut mini di Private Session Leaderscamp #Kejarmimpi dari CIMB Niaga di Unand

Mimpi untuk melakukan perjalanan tak lepas dari keberanian untuk mengambil keputusan menabung. Hal ini senada apa yang dituturkan oleh Ibu Muslimah alias Cut Mini kala hadir sebagai pembicara di private session yang saya ikuti di Leadercamp #kejarmimpi dari CIMB Niaga. Cut Mini membagi kisahnya ketika melakukan mimpi perjalanan haji yang menyadarinya bahwa bagaimana pentingnya menabung dan mengatur uang sejak dini.

53121479_999185730470665_8973201148324347904_n
Lampaui Batas Dirimu dan Berani #Kejarmimpi ( sumber foto : Group Wa yang terdiri dari Aul , Awin , dan Bara serta Fuji, Elvida dan Pitnia )

Traveling mungkin lebih berdampak pada karakter diri saya dan bagaimana bersikap terhadap orang sekitar saya, tentu tak ada perubahan berarti nan penuh makna seperti apa yang telah dilakukan oleh Haikal dan Robby.

Sejujurnya, jauh di dasar hati ini, keinginan membuka taman bacaan dan sekolah alam adalah mimpi terbesar saya untuk mengenalkan dunia pendidikan yang menyenangkan.

Saya percaya, traveling membentuk karakter diri untuk menjadi pribadi lebih baik adalah langkah awal dimana kelak suatu hari saya bisa memberanikan diri mewujudkan mimpi tersebut. Karena, masih ada rangkaian proses pembelajaran yang harus saya kejar sebagai bekal untuk sharing kala hari itu tiba.

Dan langkah kaki ini tak terhenti begitu saja pada satu titik tanpa makna.

Yah, semoga !

Iklan

14 respons untuk ‘#KejarMimpi dan Tentang Langkah Kaki Yang Tak Terhenti Begitu Saja …

  1. Whewwww

    Awesome article Kak Eka
    Inspiratif seperti event kejar mimpi ituuu

    Aku sama sekali belum pernah beli emas aau investasi hahahaha
    Maybe kedepannya bakal nyoba

  2. Mimpi orang mah beda-beda. Kalau mimpinya bisa keliling dunia, tuh udah ke beberapa negara. Ditunggu negara lainnya! 🤣🤣🤣🤣

  3. wah,, kok ya aku baru kepikiran investasi emas buat bekal traveling di masa depan. oke fix, mulai nabung emas buat #kejarmimpi jelajah dunia..
    -Traveler Paruh Waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s